MANFAAT OLAH RAGA PANAHAN


oleh : Nanang Ardhiansyah


Saya bukanlah atlet panahan.  Saya adalah seorang pemula yang baru sekali dalam olah raga ini.  Jadi, manfaat olah raga panahan yang akan saya paparkan berikut adalah berdasarkan apa yang selama ini saya rasakan dan bandingkan dengan kondisi sebelum saya mengenal panahan.

  • Menjalin Silaturahmi

Olah raga panahan tidaklah mengasyikkan kalau dilakukan seorang diri, bukan untuk pamer.  Memanah tidaklah sekedar menarik busur dan melepaskan anak panah, setelah itu berpasrah anak panah jatuh dimana.  Kalau kita ingin anak pana kita selalu jatuh menancap di tempat yang kita inginkan, maka diperlukan teknik yang benar.  Teknik yang tidak benar akan membuat tembakan tidak konsisten.  Untuk mengetahui teknik kita benar atau tidak, maka diperlukan seseorang untuk mengamati dan memberikan saran atau masukan atas apa yang telah kita lakukan.  Semakin banyak orang yang mengamati dan memberikan saran akan lebih baik (tetapi ingat yang harus kita perhatikan tentu saran dari orang-orang yang memang mengerti teknik panahan yang betul).

Para penggiat olah raga panahan biasanya akan tergabung dalam sebuah komunitas.  Kita dapat bergabung dengan mereka, selain untuk menambah ilmu tentang panahan, tentunya untuk menjalin silaturahmi dan menambah teman.

  • Melatih Fokus dan Disiplin

Anak panah kita pasang di tali busur, kemudian kita tarik dan lepaskan dengan satu harapan besar bahwa anak panah tersebut akan jatuh menancap tepat pada sasaran yang telah dibidik.  Hal yang sangat sederhana sebesarnya, tetapi tidaklah sesederhana dalam pelaksanaan.  Perhatian kita harus fokus pada sasaran sebelum melepaskan anak panah.  Semakin fokus perhatian kita, maka semakin besar kemungkinan anak panah jatuh menancap tepat pada sasaran.

Hal lain yang harus diperhatikan keamanan dan keselamatan diri kita dan orang-orang sekitar kita.  Ujung anak panah tidaklah tumpul, salah-salah jika kita ceroboh, bisa saja itu tidak menancap di target, tetapi menancap di badan teman.  Disiplin adalah kunci dari keamanan dan keselamatan diri dan orang sekitar kita.  Saat akan melepaskan anak panah, harus kita pastikan bahwa di depan kita tidak ada orang, sehingga tidak membahayakan.

  • Meringankan Beberapa Keluhan Kesehatan

Sebelum mengenal olah raga panahan, saya pernah mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, sehingga sering merasakan nyeri pada sekitar punggung dan tulang belikat.  Saat rasa nyeri itu kambuh, rasa nyeri tersebut akan kurasakan hingga lebih dari seminggu.  Alhamdulillah sejak melakukan aktifitas olah raga panahan (sekitar 5 bulan), rasa nyeri di punggung dan belikat belum pernah aku rasakan.  Mudahan tidak akan kambuh lagi.

  • Penghilang Stres

Saat kita melepaskan anak panah dari busur, rasanya terlepas juga beban yang tertahan.  Di saat kita mempunyai beban pikiran, memanah akan dapat mengurangi beban yang ada di dalam pikiran kita.  Tetapi, jangan pernah berharap anak panah yang kita lepaskan akan jatuh tepat mengenai target.  Ingat memanah harus fokus.  Setidaknya dengan memanah stres kita akan berkurang, atau malah hilang.  Alhamdulillah.

Itu beberapa manfaat yang saya rasakan sejak melakukan aktifitas olah raga panahan.  Uraian tersebut bukanlah sebuah uraian ilmiah berdasarkan teori-teori atau kajian, tetapi hanya suatu pembandingan antara kondisi sebelum dan sesudah mengenal panahan.
Semoga bermanfaat.

Iklan
Ditulis dalam PANAHAN. Tag: . Komentar Dinonaktifkan pada MANFAAT OLAH RAGA PANAHAN
%d blogger menyukai ini: