MENJADI PRESENTER YANG BAIK


Di kehidupan sehari-hari khususnya kita yang masih berstatus sebagai pelajar, terkadang harus menyampaikan sesuatu di hadapan orang banyak. Hal ini bukanlah suatu yang mudah. Beberapa di antara kita sering menganggap hal tersebut sebagai suatu ‘momok’. Ada beberapa hal yang dapat dicoba sebelum kita mempresentasikan sesuatu di hadapam orang banyak.

  1. Kuasai Materi
    Ini adalah suatu keharusan.  Presenter yang baik harus benar-benar menguasai materi yang disampaikan, tanpa penguasaan materi yang baik, mustahil kita dapat menguasai keadaan.  Perhatikan point-point dari materi kita yang kemungkinan akan menjadi masalah.  Siapkan jawaban-jawaban untuk kemungkinan terburuk.
  2. Kuasai Diri
    Pengusaan materi yang mendalam sering menjadi tidak berguna, tatkala kita berada di depan kita tidak dapat menguasai diri kita, sehingga kita menjadi gugup dan grogi.  Rasa grogi memang tidak dapat dihindari, apalagi bagi mereka yang  baru pertama kali melakukan presentasi.  Itu adalah yang yang lumrah.  Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi rasa grogi saat berapa di depan audien.  Usahakan saat berada di depan tangan kita tidak kosong (tidak membawa apa pun), karena rasa grogi akan sering terlihat dari aktifitas tangan kita.
  3. Kuasai Audien
    Usahakan pula untuk dapat melihat seluruh audien dan tebarkan pandangan kita merata kepada seluruh audien.  Perhatikan setiap perubahan ekspresi dari mereka.  Tunjukkan bahwa kita pun memberikan perhatian kepada mereka.  Catat setiap pertanyaan yang teliti, ulang kembali pertanyaan sebelum kita memberikan jawaban atas setiap pertanyaan, dan ajukan pertanyaan apakah penanya merasa puas dengan jawaban yang kita berikan.
  4. Berserah Diri kepada Yang Kuasa
    Jika setiap persiapan telah kita lakukan dengan baik.  Materi telah benar-benar kita kuasai, setiap kemungkinan pertanyaan telah kita jaring berikut jawabannya, maka yang tak kalah penting adalah berserah diri kepada Yang Kuasa.  Berdoalah kepada Yang Kuasa agar proses presentasi yang kita lakukan dapat berjalan lancar, karena kita hanya dapat berencana, semua tetaplah Yang Maha Kuasa yang akan menentukan hasilnya.

Itulah sedikit tips untuk dapat menjadi presenter yang baik.  Semoga bermanfaat.  Sukses selalu untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: