PBB AKUI KESALAHAN DALAM STUDI SOAL KONSUMSI DAGING DAN PERUBAHAN IKLIM


dikutip dari : http://iklimkarbon.com/2010/03/24/pbb-akui-kesalahan-dalam-studi-soal-konsumsi-daging-dan-perubahan-iklim/
oleh di Internasional

Steak

Daging yang Anda makan menghasilkan emisi karbon

Sebuah studi tahun 2006 yang berjudul Livestock’s Long Shadow, mengklaim bahwa produksi daging bertanggungjawab atas 18% dari seluruh emisi gas rumah kaca dunia – melebihi sektor transportasi.

Konklusi studi ini lantas menjadi dasar bagi banyak kampanye yang mengajak konsumen untuk mengkonsumsi lebih sedikit daging untuk menyelamatkan bumi ini.  Gerakan kampanye ini sempat menjadi besar dan melibatkan banyak pihak, termasuk Sir Paul McCartney.

Belum lama ini, seorang peneliti AS mengidentifikasi kesalahan dalam perbandingan yang dilakukan terhadap dampak emisi sektor transportasi.  Dr. Frank Mitloehner dari University of Claifornia at Davis (UCD), menyebut bahwa produksi daging dan susu menghasilkan gas rumah kaca dalam jumlah lebih sedikit dari klaim kebanyakan orang.

Lebih jauh lagi, emisi “daging” diperoleh dengan mengkalkulasi keseluruhan emisi yang berhubungan dengan produksi daging, termasuk produksi pupuk, pembebasan lahan, emiei metana dan penggunaan kendaraan di lahan pertanian.  Ini berbeda dengan emisi sektor transportasi yang hanya menghitung emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil.  Implikasinya, tentu saja perbandingan yang dihasilkan menjadi berat sebelah dan tidak seimbang karena melibatkan elemen kalkulasi yang jauh berbeda.

Pierre Gerber, pejabat bidang kebijakan dari badan PBB soal pangan FAO, mengatakan kepada BBC bahwa ia setuju dengan kritik dari Dr. Mitloehner.  Lanjutnya,

“Saya harus katakan dengan jujur bahwa ia memiliki poin yang valid – kami menghitung semua faktor dalam emisi produksi daging, namun tak melakukan hal yang sama dengan sektor transportasi.  Namun bagian-bagian lain dari studi tersebut tetaplah sahih.”

Ia menyebut bahwa suatu analisis emisi yang lebih komprehensif atas sektor produksi makanan sedang dilakukan, dan akan selesai pada akhir tahun ini.

Dr. Mitloehner mengingatkan, -pada pertemuan dengan American Chemical Society di San Fransisco-, bahwa menekan produksi daging dan susu dapat mengakibatkan “lebih banyak kelaparan di negara-negara miskin”.  Ia merekomendasikan bahwa lebih baik untuk memfokuskan perhatian pada sistem pertanian yang cerdas ( smarter farming ) ketimbang sekedar mengurangi volumenya ( less farming ).
.

Iklan

Satu Tanggapan to “PBB AKUI KESALAHAN DALAM STUDI SOAL KONSUMSI DAGING DAN PERUBAHAN IKLIM”

  1. Altiva Says:

    i really appreciated every single details here. thanks for posting!http://www.casaemail.com.br


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: