Karya Leonardo da Vinci ‘Sembunyi’ dalam Tembok?


Dikutip dari : http://www.tempo.co/read/news/2012/03/13/121389926/Karya-Leonardo-da-Vinci-Sembunyi-dalam-Tembok
.

TEMPO.CO, Roma – Peneliti seni dan ilmuwan menyatakan kemungkinan mereka menemukan karya Leonardo da Vinci yang selama lima abad dinyatakan hilang. Sebuah proyek teknologi tinggi, yang menggunakan pencitraan video, menemukan bukti bahwa sebuah lukisan dinding era Renaissance karya Leonardo da Vinci yang hilang selama lima abad mungkin masih ada di balik dinding Balai Kota Florence.

“Bersama dengan sejarawan seni, ilmuwan membuka misteri yang telah bersama kita selama lebih dari 500 tahun,” kata Terry Garcia, Wakil Presiden Eksekutif US National Geographic Society, yang mensponsori penelitian.

Proyek ini untuk menemukan apa yang kemudian dikenal sebagai Lost Leonardo, yang menjadi kontroversi sejak awal. Hal ini disebabkan peneliti harus mengebor beberapa lubang pada dinding yang juga ditempeli lukisan dinding bersejarah. Selain itu, tidak semua setuju bahwa lukisan Leonardo masih ada.

Pada awal abad ke-16, para pemimpin Florence menugaskan Leonardo, yang saat itu berada di puncak kejayaannya, untuk membuat lukisan dinding besar (fresco) untuk merayakan kemenangan Republik Florentine atas Milan dalam pertempuran di dataran Anghiari yang berlangsung pada 29 Juni 1440.

Leonardo, yang membenci perang dan menyebutnya sebagai “kegilaan paling mengerikan,” menggambar sekelompok kuda dan penunggangnya yang saling berkelahi.

Dia meninggalkan proyek ini setelah satu tahun, diduga karena teknik eksperimen barunya untuk lukisan dinding gagal. Namun beberapa seniman sempat membuat salinan dari lukisan aslinya.

Semua jejak yang asli hilang 50 tahun kemudian ketika Giorgio Vasari merenovasi Sala dei Cinquecento di Palazzo Vecchio dan memerintahkan untuk melukis fresco baru berjudul The Battle of Marciano.

Beberapa percaya bahwa Vasari segan untuk menghancurkan pekerjaan Leonardo, sehingga ia membangun dinding baru dengan celah udara beberapa sentimeter di depan lukisan Leonardo.

Para ahli menggunakan teknik endoskopi untuk menelitinya. Alat itu dimasukkan melalui celah yang ada di dinding luar tempat lukisan Vasari menempel.

“Kami menemukan jejak-jejak pigmen yang muncul, yang menunjukkan mereka telah digunakan secara eksklusif oleh Leonardo,” kata Maurizio Seracini, seorang insinyur dan ahli dalam diagnostik seni, yang mengendus jejak Lost Leonardo selama tiga dekade.

“Data ini sangat menggembirakan,” katanya, menambahkan bahwa salah satu pigmen hitam yang ditemukan diyakini dari jenis yang sama, yang digunakan untuk melukis Mona Lisa.

Pekerjaan penelitian ini dilakukan oleh US National Geographic Society, Pusat Ilmu Interdisipliner untuk Seni, Arsitektur, dan Arkeologi Universitas California di San Diego, dan lembaga seni Italia.
.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: