PENYEBAB BAU MULUT


Dikutip dari :http://www.onthespot.co.cc/2011/06/penyebab-bau-mulut.html
.

Bau mulut, Mungkin sebagian besar manusia pernah mengalami problema ini, Bau mulut jangan dianggap sepele karena hal ini menyangkut dengan kepribadian atau menyangkut harga diri.
Jangan sampai pasangan kehilangan daya tarik pada Anda gara-gara bau mulut. Cari tahu penyebabnya dan temukan solusinya.
Orang yang mengalami masalah bau mulut (halitosis) umumnya tak menyadari ada gangguan, sampai ada teman yang cukup berani menyampaikannya. Atau jangan sampai anda marah apabila ada teman anda yang menegur langsung masalah bau mulut anda mestinya anda bersyukur, coba bayangkan bila teman anda tidak menegur malah menceriterakan masalah anda ke orang lain!!  Bisa berabe kan?
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetes aroma mulut. Tekan jari yang bersih ke dalam mulut lalu usap air liur di belakang lidah. Diamkan beberapa saat lalu cium jari Anda. Apakah itu bau yang ingin Anda cium?
Bawang putih atau makanan dengan bau yang tajam bukan satu-satunya penyebab bau mulut. Ada 5 penyebab bau mulut lain yang wajib diketahui.
  1. Bakteri
    Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi dan permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk mereka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap.
  2. Tonsil
    Lubang di bagian dalam tonsil (amandel) disebut crypts, merupakan salah satu biang keladi halitosis. Pada bulatan-bulatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau tidak enak.
  3. Makanan beraroma tajam
    Makanan seperti bawang putih, durian, atau ikan, juga menyebabkan bau mulut, bahkan meski kita sudah menyikat gigi.
  4. Kebiasaan buruk
    Hindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum kopi bila Anda ingin napas selalu segar.
  5. Gangguan perut
    Kadang kala gangguan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut, terutama saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang menyebabkan bau naga.
  6. Penyakit
    Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.
  7. Mulut kering
    Kurang minum air dan mulut yang kering juga merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah, ketika bangun tidur di pagi hari bau mulut kita kurang sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita sikat gigi dan minum air.
  8. Gigi berlubang dan bakteri dalam gigi
    Gigi atau gusi yang terkena infeksi akan sangat mengganggu dan menyebabkan bau mulut yang sangat hal ini banyak dialami oleh orang indonesia yang belum mementingkan kesehatan mulut!!
Banyak Cara yang dilakukan orang untuk menghindari atau menyembuhkan bau mulut yaitu :
  • Cara permanent
    Dengan menjaga Kebersihan gigi dan mulut, Kebanyakan orang mengalami masalah bau mulut berpangkal dari sini yaitu kesehatan mulut dan gigi oleh karena itu cobalah mengubah perilaku anda dengan merawat gigi setiap 6 bulan sekali kunjungi dokter gigi dan jangan lupa sehabis makan sikat gigi anda.
    Minum jamu-jamu tradisional yang ampuh untuk mengusir bau mulut seperti mengkonsumsi Daun beluntas ataupun mengkonsumsi remaph-rempah da juga berkumur dengan rebusan daun sirih.
  • Cara Sementara
    Cara menghilangkan bau mulut ecara sederhana adalah dengan mengkonsumsi permen penyegar mulut atau parfum mulut atau dengan cara berkumur dengan larutan anti septic yang kuus di ciptakan untuk menanggulangi bau mulut, hal ini bersifat sementara karena obat kumur dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dalam jangka waktu tertentu.
    Apabila cara tersebut di atas tidak menghasilkan hasil yang memuaskan maka cara yang terbaik adalah menjaga jarak pembicara atau berbicara jangan terlalu dekat dengan lawan bicara tapi hal ini sangat mengganggu dan menyiksa kita, langkah yang paling tepat adalah berkunjung ke dokter yang khusus menangani hal ini!
.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: