RAKONTEKDA KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2012


SAMBUTAN WAKIL GUBERNUR KALTIM

PADA ACARA

PEMBUKAAN RAPAT KONSULTASI DAN KOORDINASI TEKNIS DAERAH (RAKONTEKDA)
PEMBANGUNAN PETERNAKAN SE KALTIM


Tenggarong, 2021 Februari 2012



Yang saya hormati :

Sdr. Wakil Bupati Kutai Kartanegara

Sdr. Para Kepala SKPD lingkup Provinsi Kaltim

Sdr. Para Kepala SKPD yang membidangi fungsi Pembangunan Peternakan  dan Kesehatan Hewan di Kab/Kota seluruh Kaltim

Sdr. Kepala SKPD Kabupaten Kutai Kartanegara

Sdr. DR Deni Haryadi selaku Nara Sumber dari Universitas Pajajaran Bandung

Sdr. Peserta Rakontekda Pembangunan Peternakan


Para Undangan serta Hadirin Yang Berbahagia


Assalamualaikum Wr.Wb.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas perkenan-Nya sehingga kita bersama-sama dapat hadir dan mengikuti acara Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (RAKONTEKDA) pembangunan peternakan se Kaltim yang dimulai pada malam hari ini.  Harapan saya semoga Tuhan YME melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua untuk terus mengabdi bagi terselenggaranya pembangunan peternakan di Kaltim.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur selaku penanggung jawab penyelenggaraan Rakontekda, bahwa rapat koordinasi ini merupakan momen konsolidasi di awal pelaksanaan anggaran, yang bertujuan untuk memantapkan pelaksanaan program/kegiatan tahun 2012 khususnya dalam rangka percepatan pencapaian swasembada daging sapi/kerbau tahun 2014 melalui penandatanganan kontrak kinerja.

Penandatanganan kontrak kinerja dilakukan antara Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim dengan seluruh Kepala Dinas Peternakan atau yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan kabupaten/kota se Kaltim.  Saya menyambut baik adanya penandatanganan kontrak kinerja ini karena indikator kinerja tersebut merupakan komitmen akan keberhasilan dan kegagalan pencapaian target kinerja tahunan yang menjadi tanggung jawab seluruh jajaran peternakan di Kaltim.


Hadirin sekalian yang saya hormati,

Indikator kinerja peternakan tahun 2011 yang telah dicapai diantaranya adalah pencapaian populasi ternak sebesar 113.883 ekor, produksi daging 47.931,70 ton, dan produksi telur mencapai 14.747,49 ton. Namun demikian produksi tersebut masih di bawah konsumsi yaitu daging 49.534,60 ton dan telur 20.679,74 ton, sehingga masih memerlukan pasokan dari luar daerah.  Untuk itulah seluruh jajaran peternakan di Kaltim perlu memacu agar target swasembada daging pada tahun 2014 bisa tercapai.

Namun demikian saya perlu mengingatkan bahwa perlunya dukungan yang nyata dari akademisi maupun swasta yang selaras dan seimbang dalam penyelenggaraan pembangunan peternakan, juga menjadi faktor kunci keberhasilan.


Hadirin yang saya hormati,

Anggaran pembangunan peternakan dari tahun ke tahun semakin meningkat, pada tahun 2012 yang berasal dari APBD sebesar Rp. 43.200.000.000,00 atau naik 18,13%.  Sedangkan APBN sebesar Rp. 34.347.206.000,00 mengalami penurunan sebesar 20,71% karena kebijakan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian yang memfokuskan untuk kegiatan menunjang surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014.

Peningkatan anggaran ini semestinya disikapi dengan bekerja cemat, bekerja tertib dan bekerja cerdas agar target dan sasaran yang telah kita tetapkan dapat dicapai, sehingga opini WTP bisa kita peroleh pada tahun 2012 ini untuk Kaltim.

Selama ini penyerapan anggaran selalu meningkat tajam di triwulan akhir atau bahkan akhir tahun yaitu bulan November dan Desember, untuk itu saya menekankan agar tidak terjadi lagi. Kalau berdasakan kontrak kinerja penyerapan anggaran APBN adalah : 25% Triwulan I, 40% triwulan II dan bulan berikutnya untuk September 70%, Oktober 80%, November 90% dan Desember 100%; maka saya inginkan demikian juga untuk penyerapan anggaran APBD Provinsi.  


Hadirin yang saya hormati,

Saya merasa senang bahwa dalam acara Rakontekda ini juga dilaksanakan sarasehan bersama Anggota DPRD Kaltim khususnya Komisi II, hal ini mencerminkan adanya kerjasama dan sharing pendapat sehingga dalam proses perencanaan dan
penganggaran akan memberikan dampak positif.  Demikian juga dengan adanya motivator dari Universitas Pajajaran Bandung sebagai salah satu narasumber akan dapat memotivasi kinerja dan prestasi dalam membangun peternakan.


Hadirin yang saya hormati

Saya mengucapkan selamat mengikuti Rakontekda dengan sungguh-sungguh semoga dapat berjalan dengan lancar dan baik serta memberikan hasil yang bermanfaat.

Dengan mengucap “Bismillaahir Rohmaanir Rohiim” Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah Pembangunan Peternakan se Kaltim, secara resmi saya buka.


Wabillahi taufik wal hidayyah

Wasalammualaikum wr.wb.

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: