INILAH KESHALEHAN …


Oleh : Ust. Drs. H. Najmuddin, Lc.

Disalin dari : Buletin Jumat AL-BINA, Edisi 21, 3 Juni 2011 M / 2 Rajab 1432 H

.
Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Keshalehan atau kebaikan sering dimaknai secara tidak pas atau terkadang parsial (sebagian).  Misalnya tatkala kita mengukur keshalehan seseorang dengan tampilan fisik (busana) atau melihat satu dua aspek ibadah mahdhah yang ditekuni.

Pemaknaan yang benar hendaknya tidak hanya melihat tampilan fisik saja, melainkan sikap dan perilaku pula.  Demikian juga dengan ibadah, hendaklah dilihat secara integral, jangan hanya karena satu dua aspek peribadatan.  Karena yang dikehendaki dengan ibadah adalah pada dua kategori, yaitu ibadah mahdhah (khusus) dan amah (umum).  Dengan kata lain, hidup kita dengan seluruh aktifitasnya, kesemuanya itu kita upayakan bermakna ibadah dengan jalan menyelaraskan dengan ketentuan syariat Allah dan Rasul-Nya (lihat QS. Al Baqarah [2] : 208)

Di samping itu, keshalehan hendaknya tidak hanya dirasakan kebaikannya oleh pribadi yang bersangkutan, namun dirasakan juga oleh orang lain.  Dalam hal ini adalah keluarga dan masyarakat.  Rasulullah saw. mengajarkan sekaligus mencontohkan agar kita senantiasa berbuat baik kepada keluarga sebagaimana beliau menjadi orang yang paling baik bagi keluarganya.  Ada pun keshalehan untuk masyarakat kita melihat firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 177.  Keshalehan bahkan juga seharusnya dirasakan oleh alam sekitar, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw. : “Tidaklah seorang mukmin menanam satu pohon lalu burung memakan buahnya atau manusia atau binatang lainnya, melainkan ia mendapatkan pahala kebaikannya” (HR. Bukhari – Muslim).

Demikianlah, sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa keshalehan atau kebaikan yang integral (menyeluruh) meliputi :
1. Keshalehan / kebaikan pribadi
2. Keshalehan / kebaikan terhadap keluarga
3. Keshalehan / kebaikan terhadap masyarakat
4. Keshalehan / kebaikan terhadap lingkungan.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.
.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: