Jaga Cairan Tubuh si Kecil Tercukupi


Hari-hari belakangan, sinar matahari seperti tak ada halangan untuk menembus bumi. Penting untuk memastikan kebutuhan cairan anak-anak Anda mencukupi.

Jaga Cairan Tubuh si Kecil Tercukupi

HARI-HARI belakangan, sinar matahari seperti tak ada halangan untuk menembus bumi.  Penting untuk memastikan kebutuhan cairan anak-anak Anda mencukupi.

Dehidrasi bisa datang dengan cepat dan dapat berakibat fatal dalam kondisi tertentu. Anak-anak dan manula adalah dua golongan usia yang paling berisiko dehidrasi. Gejala-gejala dehidrasi, meliputi sakit kepala, rasa lesu, kejang otot, dan lekas marah. Bahkan, kasus dehidrasi yang lebih parah dapat menyebabkan shock dan memerlukan perhatian medis.

Jadi, bagaimana Anda bisa menjaga anak-anak tidak dehidrasi? Berikut, pakar kebugaran keluarga Sarah Clachar berbagi tip lewat Fit Family Together.

Minum sebagai rutinitas

Jadikan minum sebagai rutinitas di sela keseharian anak-anak, bukan hanya pada saat mereka haus. Pada hari-hari yang sangat panas, jadwalkan waktu tiap satu jam untuk mereka minum. Anak-anak memilih lebih asyik main daripada mengambil minum untuk menghilangkan dahaganya, jadi jangan menunggu sinyal haus untuk menjaga cairan tubuh mereka tetap normal.

Salah satu cara untuk melacak jika si kecil cukup minum adalah lewat air seni. Jika air seninya berwarna kuning gelap dan debitnya tidak banyak, berarti ia tidak cukup minum. Karena itu, tambahkan cairan untuknya.

Minum saat ngemil

Dalam kebiasaan ngemil, anak-anak masih kerap bingung antara lapar dan haus. Kadang-kadang, ketika mereka ingin camilan, bisa jadi sebenarnya mereka membutuhkan minuman. Lacak berapa banyak makanan yang mereka asup dan jika asupan makanannya cukup, sarankan mereka untuk menggantinya dengan minuman.

Seimbangkan minuman kemasan dan air mineral

Terlalu sering anak-anak memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan minuman selain air mineral, seperti soda, minuman buah, dan sebagainya. Ini berarti bahwa seiring minumnya lebih banyak, kalori mereka juga bertambah karena kebanyakan minuman kemasan mengandung banyak gula. Mulai biasakan mereka untuk lebih banyak minum air mineral.

Pola makan sehat untuk gantikan cairan tubuh

Hidrasi atau cukup cairan juga berarti menggantikan elektrolitmineral seperti natrium. Kebanyakan orang menenggak minuman elektrolit ketika merasa tubuhnya terlalu berkeringat. Padahal, minuman ini dapat menambah timbunan garam dalam tubuh, belum lagi gula. Anda dapat mengganti elektrolit melalui pola makan sehat.

sumber : http://news.id.msn.com/okezone/lifestyle/article.aspx?cp-documentid=4298934
.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: