SAKITNYA RADANG GUSI, CEGAH DENGAN AIR GARAM


Ada cara alami untuk mengobati rasa nyeri pada gusi yang meradang, yaitu dengan berkumur air garam. (foto: tabloidnova)

Gusi yang sehat berwarna merah muda dan keras.  Jika gusi terlihat lunak, meradang, mudah berdarah dan warnanya merah tua, besar kemungkinan telah terjadi peradangan (gingivitis).

Radang gusi terjadi karena terbentuknya plak, yaitu lapisan bakteri yang tidak berwarna dan lengket pada gigi.  Itu sebabnya langkah pertama untuk mengatasi gingivitis adalah dengan menghilangkan plak.  Program jangka panjang kebersihan gigi dan mulut juga perlu dilakukan untuk menyembuhkan dan mencegah radang gusi.

Ada cara alami untuk mengobati rasa nyeri pada gusi yang meradang, yaitu dengan berkumur air garam.  “Bila berkumur dengan air garam, daerah yang bengkak jadi hipertonik sehingga bakteri yang ngumpul di plak akan keluar,” kata Prof.drg.Melanie Djamil, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta.

Akan tetapi, kumur dengan air garam adalah solusi sementara. “Jika sumber masalah gangivitis adalah plak dan tartar, tetap saja harus dibersihkan dulu agar sakitnya tidak datang lagi,” katanya.

Gigi adalah bagian dari diri kita yang amat penting. Karena gigi berkaitan langsung dengan kesehatan dan penampilan.  Kita sehat, makanan yang kita cerna juga sehat kalau gigi kita sehat – karena makanan yang masuk ke perut sudah terlumat dengan baik.  Kita juga terlihat lebih baik apabila gigi kita sehat, rapih, bersih.  Coba apa menariknya kalau ada gadis cantik tapi kalau tertawa ternyata ompong?

Itu belum termasuk penderitaan yang harus kita tanggung apabila lagi sakit gigi.  Boleh jadi kita bahagia punya rumah mewah, harta berlimpah, suami atau istri cakep banget, dan anak-anak yang luar biasa.  Tapi kalau lagi sakit gigi, semuanya itu tidak ada artinya.  Semuanya tidak penting!  Sebab yang diinginkan cuma satu, rasa sakit itu, senut-senut itu, lekas hilang dan hidup bisa nyaman kembali. Cuma itu!

Oleh karena itu, perawatan gigi sangatlah perlu.  Maka tidak heran apabila di toko kini banyak dijual aneka odol, sikat gigi, dan obat kumur – yang katanya akan membuat gigi kita jadi sehat dan indah cemerlang.  Dan jangan lupa, yang kualitasnya bagus pastilah harganya mahal.  Tapi apa harus selalu begitu?

Obat kumur misalnya.  Di pasaran, kini ada begitu banyak obat kumur yang menawarkan aneka manfaat.  Dan tentu saja dengan harga yang bervariasi dan tidak bisa dibilang murah.  Kalau kita tidak cukup punya anggaran buat membelinya bagaimana?  Jangan kuatir, ada alternatif yang sama baik tapi dengan harga amat terjangkau, yaitu berkumur dengan air garam.  Ya, air garam.

Bagaimana caranya?  Gampang.  Kita hanya perlu mempersiapkan air hangat satu gelas dan garam satu sendok teh saja.  Larutkan garam tersebut ke dalam air hangat lalu langsung digunakan buat berkumur.  Beres.  Berkumur dengan air garam ini bisa kita lakukan sekali saja dalam sehari.  Dan kalau kegiatan berkumur dengan air garam sudah rutin kita lakukan maka manfaatnya akan segera terasa.

Menurut dr. Zuhrotul Chasanah, seorang dokter gigi dari Unit Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Kalirungkut, Surabaya, menjelaskan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mulut seutuhnya.  Manfaat tersebut antara lain, mencegah bau mulut, membersihkan gigi dan gusi, mencegah plak dan terbentuknya karang gigi, serta menyehatkan gigi, gusi, dan mulut secara keseluruhan.  Berkumur dengan menggunakan air garam juga memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan obat kumur, keunggulan tersebut adalah bebas alkohol, bebas zat pengawet, dan pastinya lebih ekonomis.  Jadi, hidup sehat tidak harus mahal kan, kita bisa tetap sehat dengan berhemat. (suaramedia)

Dikutip : http://berinfo.wordpress.com/2010/09/22/sakitnya-radang-gusi-cegah-dengan-air-garam/

.

5 Tanggapan to “SAKITNYA RADANG GUSI, CEGAH DENGAN AIR GARAM”

  1. ighoen Says:

    trimakasih atas kutipannya,… saling berbagi informasi ya..

  2. kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com Says:

    Nice content and blog!!

    Ajarkan buah hati anda untuk menyikat gigi yang rajin sedini mungkin…
    Cara termudah menasihati anak agar mau menyikat gigi
    adalah dengan mengajarinya sebuah lagu tentang pentingnya sikat gigi
    dan kapan mereka harus menyikat gigi….

  3. Bali Wedding Says:

    Gigi putih sehat terawat adalah dambaan semua manusia tentunya……saya ingin selalu gigi saya terlihat putih bersih.

    Tetapi bagaimana menghilangkan karang gigi pada bagian dalam gigi….dan itu sangat mengganggu sekali buat saya. padahal saya rajin sekali sikat gigi dan setelah makan selalu sikat gigi. karena saya tidak mau gigi saya berlubang. thankz sudah berbagi informasi salam kenal.

    Bali Villa Bali Villas Bali Property


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: