TIP SEHAT DAN BUGAR SELAMA BULAN RAMADHAN


Dikutip dari : Buletin Jumat AL-BINA, Edisi 32, 06 Agustus 2010 M / 25 Sya’ban 1431 H
.

NIAT PUASA

Motivasi yang untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut.  Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan.  Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

TETAP MAKAN SAHUR

Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian.  Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikemia dimana kadar gula dalam darah turun.  Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo, dan mengantuk, bahkan mudah marah.

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR

Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah.  Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badan pun menjadi cepat lemas dan lesu.  Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat dibandingkan jenis makanan lain.

SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA

Segeralah berbuka, dengan kurma atau air secukupnya, kurma merupakan makanan berkarbohidrat kompleks yang baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi.  Makan dan minumlah kamu jangan berlebihan (QS. 7 : 31).

BEROLAH RAGA DI BULAN RAMADHAN

Salah satu penyebab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah, ramai-ramai berolah raga sehabis sahur.  Waktu yang tepat untuk berolah raga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1 – 2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olah raga yang terlalu berat.

MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA

Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau.  Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

.

Satu Tanggapan to “TIP SEHAT DAN BUGAR SELAMA BULAN RAMADHAN”

  1. gendisbanyumas Says:

    Kunjungan Pagi, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe & gulajoss, ada program kemitraan senilai 3,5 juta nett untuk keagenan dan 35 juta nett untuk distributor, jika anda berminat silahkan mail ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ telpn ke 021 23986886


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: