UBUNTU DI HARDDISK EKSTERNAL


Ini adalah satu pengalaman yang tidak terduga.  Selama kira-kira 5 – 6 tahun ini aku memang sering bereksperimen dengan Linux dari berbagai varian, mulai dari Mandrake Linux, Mandriva Linux, hingga akhirnya aku mencoba untuk lebih mendalami Linux Ubuntu.  Berbagai pengalaman kualami, mulai dari data hilang terformat sampai  terburuk, harddisk hancur karena bongkar pasang Operating System (OS).

Dalam bereksperimen aku pergunakan laptop Acer Aspire 4315.  Kali pertama mencoba, aku install Mandrake Linux sebagai satu OS tunggal di laptop.  Hasilnya bagus, tapi terkendala dengan file-file data pekerjaan yang berbasis windows.  Muncullah ide untuk meng-install linux berdampingan dengan windows, waktu itu aku pakai Windows XP.  Hasil lumayan bagus, tapi namanya manusia aku masih belum puas.  Masih ada kendala di saat booting yang sedikit lambat karena adanya pilihan OS yang harus dipilih.

Terpikir olehku apakah bisa Linux diinstall di harddisk eksternal tanpa harus mengubah Windows XP yang telah terinstall ke laptop.  Saat bereksperimen dengan harddisk ekternal inilah data pekerjaan satu harddisk penuh terformat karena terburu-buru pada waktu instalasi linux (ndak baca instruksi baik-baik sih he he he …).

Setelah kupunya harddisk ekternal baru (harddisk SATA), kembali kucoba eksperimen instalasi linux ubuntu di harddisk eksternal.  Kumulailah deng hunting master program ubuntu di internet.  Akhirnya kuperoleh Linux Ubuntu 10.04.

Dengan berbekal pengalaman pahit beberapa waktu lalu, kuinstall Linux Ubuntu ke harddisk eksternal dengan lebih hati-hati dan teliti.  Syukur alhamdulillah semua berjalan lancar dan Linux Ubuntu pun terinstall ke harddisk eksternal dengan baik dan berfungsi dengan normal.  Windows XP yang merupakan OS lama di laptopku masih tetap berjalan normal tanpa terpengaruh oleh proses yang telah kulakukan karena instalasi linux berada di luar harddisk internal laptop.

Sementara itu untuk menjalankan Ubuntu yang telah terinstall di harddisk eksternal, kita harus memasang harddisk eksternal ke laptop dan pada waktu booting kita tekan tombol [F12] pilihan proses booting melalui harddisk eksternal.  Atau bisa juga setel BIOS, untuk mengatur urutan boot sequen dari laptop.

Eksperimen panjang dengan ilmu komputer yang terbatas akhhirnya mulai memberikan hasil yang menggembirakan.  Satu masalah teratasi, muncullah masalah-masalah baru yang minta untuk dipecahkan, misalnya instalasi printer pada linux, berinternet dengan linux, dan sebagainya.

Inilah sedikit informasi dan pengalamanku dengan linux.  Semoga bermanfaat bagi semua dan saya harap kita dapat berbagi informasi dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan Linux.

Iklan

2 Tanggapan to “UBUNTU DI HARDDISK EKSTERNAL”

  1. svan Says:

    gan, tuh di external bukan live CD kan? Kya kl kt bt di fd?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: