SAMBUTAN BUPATI BERAU PADA KONTES TERNAK 2010


ARAHAN / SAMBUTAN BAPAK BUPATI BERAU

PADA KONTES TERNAK DAN PENCANANGAN GERAKAN PELAYANAN TERPADU PETERNAKAN

KABUPATEN BERAU TAHUN 2010


Bismillahirrahmanirrahim

Sdr. Wakil Bupati Berau yang saya hormati;

Sdr. Ketua DPRD Kabupaten Berau dan Anggota yang saya hormati;

Sdr. Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur  yang saya hormati;

Sdr. Bapak-Bapak Anggota Unsur Muspida Kab. Berau yang saya hormati;

Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Berau yang saya hormati;

Sdr. Asisten Setda Kabupaten Berau yang saya hormati;

Sdr. Kepala Dinas, Instansi, Badan, Bagian, di Lingkungan Pemda Berau yang saya hormati;

Sdr. Camat Sambaliung;

Sdr. Kepala Kampung Sukan yang saya hormati;

Sdr. Kepala Kampung Gurimbang yang saya hormati;

Sdr. Kepala Kampung Tanjung Perengat  yang saya hormati;

Bapak-Bapak, Ibu, Sdr. dan Undangan yang saya hormati.

Assallammu’alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Marilah kita memanjatkan Puji dan Syukur ke Hadirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Karunianya kita semua dapat menghadiri kontes ternak Kabupaten Berau Tahun 2010 di Kampung Sukan ini.

Saya menilai penyelenggaraan Kontes Ternak dan Pencanangan Gerakan Pelayanan Terpadu Peternakan Tingkat Kabupaten Berau Tahun 2010 ini mempunyai momentum yang sangat tepat mengingat  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Berau telah menjadi Dinas yang berdiri sendiri, sebagai upaya agar pembangunan Sub Sektor Peternakan lebih dapat ditingkatkan dan dikembangkan.

Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa sub sektor peternakan memegang peranan yang sangat strategi dalam pembangunan daerah maupun Nasional. Peran Sub Sektor Peternakan bukan hanya sekedar penyedia konsumsi protein hewani asal ternak, bukan hanya sekedar untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan peternak dan bukan hanya sekedar peningkatan ketahanan pangan masyarakat, akan tetapi Sub Sektor Peternakan mempunyai peranan yang sangat penting  yaitu “ Mencerdaskan Kehidupan Bangsa “. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa diawali dengan membangun kecerdasan anak dan kecerdasan itu bersumber dari otak. Bila anak kurang gizi, otaknya kosong dan bisa bersifat permanen. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya Lost Generation (generasi yang hilang dan menjadi pekerja kasar karena SDM  rendah) hal ini harus kita hindari.  Untuk itulah  peranan sub sektor peternakan dalam penyediaan Protein Hewani asal ternak memegang peranan yang sangat penting, karena produk pangan hewani memiliki banyak keunggulan di antaranya :

1.  Banyak pilihan dan rasa enak.

2.  Mudah dipergunakan/dicerna tubuh.

3.  Kaya protein/Asam Amino Esensial.

4.  Kaya mineral.

5.  Kaya asam lemak.

6.  Kaya vitamin B12, B6, dan Asam Folat.

Tidak hanya itu, dari produksi usaha peternakan (seperti sapi) saja merupakan penghasil emas yang tidak ternilai harganya seperti Emas Merah (berupa daging) dan Emas Putih (berupa susu) yang mengadung banyak protein yang berguna bagi tubuh. Sedang Emas Hitam (berupa kotoran) yang berguna untuk pupuk dan bahan energi Bio-Gas. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan sebagai energi alternatif. Selain itu untuk menunjang pertanian yang berkelanjutan pupuk kandang (pupuk organik) memegang peranan yang sangat penting karena sangat berguna untuk memperbaiki struktur tanah terlebih di daerah Kalimantan Timur merupakan daerah pertambangan yang memerlukan program reklamasi eks areal tambang dan jenis tanah termasuk PMK (Podsolid Merah Kuning) yang miskin hara, sehingga pupuk kandang sangat mutlak diperlukan; hal itu tentunya juga mendukung salah satu misi Kalimantan Timur dan Misi Nasional yaitu menuju “ Kaltim Green” dan “Indonesia Green” .Sehingganya kedepan sub sektor peternakan tidak lagi dianggap sub sektor pinggiran melainkan harus menjadi sub sektor unggulan.

Peternakan juga telah menunjukkan bahwa pada sektor ini terbukti memiliki ketangguhan dalam menghadapi situasi krisis.

Kondisi tersebut memberi indikasi bahwa komoditas peternakan adalah komoditas yang sangat prospektif untuk dikembangkan dimasa datang serta dapat menjadi potensi sebagai sumber pertumbuhan baru dalam pembangunan pertanian ke depan bahkan menjadi Sektor tersendiri sejajar dengan sektor – sektor yang lain.

Hadirin Sekalian Yang Saya Hormati

Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya dan pembangunan nasional umumnya, oleh karena itu marilah kita terus lanjutkan pembangunan  peternakan ini   melalui peningkatan usaha diversivikasi, intensifikasi dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pembangunan peternakan sebagai industri biologis mencangkup 4 (empat) komponen yaitu :

1.  Peternak sebagai Subyek. — Harus ditingkatkan keterampilan dan kesejahtraannya.

2.  Ternak sebagai Obyek. — Harus di budidayakan dan ditingkatkan produktivitasnya.

3.  Lahan dan Lingkungan sebagai Basis Ekologi Budidaya. — Harus dilestarikan dan dimanfaatkan secara berkelanjutan.

4.  Teknologi sebagai alat. — Perlu ditingkatkan dan dikembangkan.

Hadirin Sekalian Yang Saya Hormati

Pada Kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa proses pembangunan pada hakekatnya adalah proses kemajuan menuju masyarakat yang maju, adil makmur, dan lestari, yang ditandai oleh tingkat kesejahteraan yang makin tinggi, efisien, mendorong kreatifitas dan partisipasi masyarakat. Jadi pembangunan yang kita laksanakan akan semakin mengandalkan sumberdaya lokal ( sikap kemandirian ) memanfaatkan kelembagaan yang ada dan mampu menggerakkan potensi masyarakat.

Adapun tujuan pembangunan peternakan diarahkan untuk membangun sistem peternakan yang mampu memanfaatkan sumber daya lokal, berdaya saing, berkelanjutan dan yang meningkatkan populasi ternak dan mensejahterakan peternak.

Kebijakan operasional pelaksanaan pembangunan peternakan didasarkan pada penerapan sistem agribisnis terpadu yang berkelanjutan dengan pemanfaatan secara optimal ( sumber daya peternak ) dalam kawasan ekosistem.

Dengan pendekatan ini orientasi pengembangan komoditas peternakan tidak terbatas pada peningkatan produksi saja tetapi diperluas mencakup keseluruhan subsistem dalam sistem agribisnis peternakan yang meliputi  : Subsistem hulu ( sarana produksi peternakan ), subsistem budidaya ( usaha budidaya ternak ) dan subsistem hilir ( penyimpanan dan pengolahan hasil  serta pemasaran )

Pendekatan ini juga menghendaki keterkaitan sektoral dan regional dalam perekonomian keseluruhan. Koordinasi sejak dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada monitoring dan evaluasi menjadi faktor kunci penerapan kebijaksanaan ini. Sebagai penjabaran lebih lanjut dari tujuan pembangunan peternakan kita telah mendengar dan melihat penampilan data dari sasaran pembangunan peternakan yang telah disampaikan oleh saudara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tadi.

Khusus untuk pengembangan sapi potong di Kabupaten Berau.

Sasaran utama pengembangan komoditas sapi potong di Kabupaten Berau adalah : Peningkatan produksi melalui peningkatan populasi ternak dalam upaya pencapaian swasembada daging sapi di Kalimantan Timur tahun 2013 dan swasembada daging sapi secara nasional tahun 2014. Untuk mecapai sasaran tersebut dan sejalan dengan strategi yang akan ditempuh dalam peningkatan produksi daging nasional, kebijakan yang akan dilaksanakan antara lain :

1.  Perbaikan infrastruktur dan sarana dan prasarana peternakan yang akan dicapai melalui pengembangan pembibitan ternak, perbaikan mutu pakan ternak, penerapan tekhnologi reproduksi ternak  serta pembangunan pos – pos kesehatan hewan.

2.  Pengaktifan kelompok tani atau Gapoktan (Gerbang Senter) yang akan dicapai melalui pendampingan dan bimbingan terhadap petani / peternak oleh tenaga penyuluh lapangan dan unsur pemerintah baik pusat maupun propinsi dalam upaya menstransfer dan menerapan tekhnologi dalam rangka mengembangkan pembibitan dan budidaya sapi potong.

3.  Peningkatan sumber daya manusia yang akan dilakukan dengan pelatihan dan magang untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan petani dalam berusaha sapi potong.

4.  Fasilitasi pembiayaan sarana peternakan melalui penyediaan dana penguatan modal usaha kelompok.

5.  Penguatan usaha (Produksi)  Agribisnis  melalui penumbuhan desa Agroindustri dan pengembangan kawasan sentra produksi, penciptaan iklim usaha yang kondusif, penyediaan kredit usaha serta perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur Agribisnis. seperti Budidaya sapi integrasi tanaman (Perkebunan Kelapa Sawit dan Ternak Sapi ).

6.  Terciptanya usaha peternakan yang ramah lingkungan melalui pemanfaatan limbah dan kotoran ternak menjadi  energi Biogas dalam Pengembangan  Desa Mandiri Energi Berbasis Bioenergi (Bio-Gas).

Semua kebijakan tersebut adalah upaya pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan untuk senantiasa meningkatkan dan mengembangkan populasi ternak. Produksi hasil peternakan, konsumsi hasil ternak dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan peternak khususnya dan masyarakat umumnya.

Hadirin Sekalian Yang Saya Hormati

Berkaitan dengan kontes ternak dan Pencanangan Gerakan Pelayanan Terpadu Peternakan sepenuhnya saya menyambut gembira diselenggarakan Kontes Ternak Dan Pencanangan Gerakan Pelayanan Terpadu Peternakan Tingkat Kabupaten Berau Tahun 2010 dan berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang dan semoga upaya ini cepat dapat  membangun sistem kelembagaan yang baik di Kampung Sukan khususnya dan Kanupaten Berau secara keseluruhan pada umumnya.

Pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang dari sejak awal secara sungguh-sungguh dan penuh dedikasi dalam menangani pelaksanaan Kontes Ternak dan Pencanangan Gerakan Pelayanan Terpadu Peternakan Tingkat Kabupaten Berau.

Hadirin Sekalian Yang Saya Hormati

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya menyambut gembira diselenggarakan kegiatan ini dengan harapan dapat bermanfaat bagi pembangun peternakan baik dalam lingkup lokal maupun Nasional.

Dengan mengucapkan Bismillahirmannirrahim, Kontes Ternak Tingkat dan Pencanangan Gerakan Pelayanan Terpadu Peternakan Kabupaten Berau Tahun 2010 di Kampung Sukan ini dengan resmi saya buka…….! ! !

Semoga Allah SWT meridhoi setiap gerak dan langkah serta upaya upaya baik kita dalam membangun Sub Sektor Peternakan di Kabupaten Berau.  Sekian dan terima kasih.

Wassalam.
.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 917 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: